Cout dan Cin pada Program C++

    Meskipun komputer telah berjalan secara otomatis saat program dijalankan, programmer masih  memerlukan input dan output dari proses nya. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan jalannya program da melacak proses dari program tersebut melacak error sehingga melihat kebenaran  perhitungan dari proses jalan nya program.


  •     Output Standart ( cout )
Cout digunakan untuk menulis pesan dari program terhadap pengguna. Format penulisan cout adalah cout << "output" ;
Sebagai contoh
cout << "pesan" ;
cout << 30 ;
cout << z ;
Program tersebut menuliskan 3 macam keluaran output pada layar. Pada contoh pertama, layar akan menuliskan setiap pesan yang diberikan antara " ". Untuk contoh ke 2 , akan menuliskan angka 30. Dan contoh ke 3 akan menuliskan nilai dari z.
Operator << akan memasukan data dari apapun yang mengikutinya dan menjatikan parameter olahan bagi komputer. Pada contoh, data yang dimasukkan berupa string, angka 30 dan nilai dari variabel z. Perlu diketahui untuk contoh pertama menggunakan " " karena merupakan tipe data string sedangkan untuk data z bukan. Hal ini membedakan contoh ke 1 dan ke 3. Berikut contoh penulisan dengan menggunakan cout;
cout << "First Sentence. \n" ;
cout << "Second Sentence. \nThird Sentence." ;
cout << "First Sentence." << endl ;
cout << "Second Sentence." << endl ;
4 contoh di atas menunjukan beberapa model penulisan  perintah dengan menggunakan cout. Pemberian \n untuk contoh 1 dan ke 2 merupakan simbol untuk mengganti line / paragraf setelah kalimat dituliskan dilayar komputer. Penggunaan endl (end line) juga mempunyai fungsi yang sama.
  • Input Standart ( cin )
Pada kebanyakan program, input merupakan keyboard dan pada C++ hal tersebut digunakan cin. Format penulisan cin ialah
int a ;
cin >> a ;
Contoh 1 medeklarasikan a sebagai integer dan a 2 mengekstrak nilai cin ke dalam nya. Operasi ini membuat program menunggu dari nilai cin secara umum berarti menunggu pengguna untuk memasukan sesuatu input dengan menggunakan keyboard. Ekstraksi dari operasi cin akan menggunakan type variabel setelah >> untuk memutuskan mengartikan karakter yang terbaca sebagai input. Jika yang dimasukkan berupa integer, format penulisan ialah deret digit dan jika string maka deret karakter dan selanjutnya.
  • Stringstream
Standart header mendefinisikan type yang disebut. Tipe ini mengijikan string untuk diperlakukan sebagai stream dan mengijinkan ekstraksi atau insert ke dalam atau dari string dengan cara yang sama cin dan cout. Fitur ini akan sangat berguna untuk merubah string kedalam nilai numeric atau sebaliknya. Sebagai contohnya
string mystr ("1234") ;
int mynum;
stringstream(mynum) >> myint ;
Contoh diatas merupakan deklarasi nilai string "1234" menjadi nilai integer 1234. Baris ke 3 digunakan variabel untuk merubah dari stringstream dari string. Bagian ini menuliskan nilai dari 1234 kedalam variabel mynum.
  • I / O Dengan Menggunakan File
Selain menggunakan standart output/input, operasi I/O juga dapat dilakukan dengan menggunakan file. Pada contoh dibawah merupakan contoh I/O dengan menggunakan .txt file
#include <cstdlib>
#include <iostream>
#include <fstream>
using namespace std;
int main(int argc, char *argv[])
{
ofstream myfile ("file contoh.txt");
if (myfile.is_open()){
myfile << "Baris pertama\n";
myfile << "Baris ke 2 \n" ;
myfile << "Baris ke 3\n" ;
myfile.close();
cout << "File berhasil ditulis\n";
cout << "Tekan sembarang tombol.....";
cin.get();
}else
cout << "Gagal membuka file";
return 0;
}

Comments

Popular posts from this blog

Program Penilaian Siswa Menggunakan Java Netbeans