Operator, Aritmatika dan Arti Kombinasi dalam Program C++

Operator

Pengoprasian konstan dan variabel dalam sebuah program sangatlah penting mengingat setiap perhitungan berbasis numeric. Pada bahasa C++, setiap operator merupakan simbol non alfabetik yang telah tersedia di keyboard dan dapat dipergunakan sewaktu waktu.


= (sama dengan) digunakan tuntuk memberikan nilai pada variabel dimana bagian kiri tanda = dikenal dengan sebutan lvaue (left-value) dan kanan rvalue (right-value). Lvalue harus berupa variabel yang akan didefinisikan nilai nya di rvalue.
a=1;
b=a;
Bagian atas menuliskan jika nilai a ialah 1. Sedangkan bagian bawah menyatakan jika nilai b = a sehingga dapat disimpulkan bahwa b = 1.
  • Aritmatika

Bahasa Pemograman biasa nya telah mengetahui symbol dasar matematika semisal =, -, *, dan /. Penggunaan dari aritmatika ini sangat sederhana yakni tinggal mendefinisikan variabel dan proses aritmatika yang dikehendaki, misalkan
c = 2*a+b;
Pada contoh di atas dapat dilihat jika nilai dari c ialah 2 kali dari nilai a ditambah dengan nilai b. Nilai a dan b mengadopsi dari deklarasi  variabel sebelumnya dimana a=b=1. Perlu dicatat jika pada proses aritmatik, peraturan operasi matematika harus tetap dipergunakan. Sebagai contoh nya ialah penyelesaian persamaan dalam kurung () terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan operasi lainnya. Kebanyakan masalah perhitungan muncul dikarenakan programmer tidak menuliskan operasi.
d = ((2*x) / (a*y)) + x
Untuk aritmatika tingkat lanjut misalkan operasi trigonometri, biasa nya diberikan library lanjutan disetiap bahasa pemograman yang harus di inisialisasi di awal program. Untuk C++, dapat menggunakan #include<math>. Cara ke 2 ialah dengan menggunakan pendekatan numeric untuk mendapatkan nilai dari trigonometri tersebut.
  • Penggunaan dan Arti Kombinasi ( +=, -=, *=, /=, %=, >>=, <<=, &=, ^=, |= )

Saat dilakukan modifikasi dari nilai variabel dengan menggunakan operasi dari nilai yang telah ditetapkan, dapat digunakan gabungan dari beberapa tanda.
x += a sama artinya dengan x = x + a
ax -= 3 sama artinya dengan a = a - 5
dan y *= a + 5 sama artinya dengan y = y *(a + 5)
//compound assignment operator
#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
int a , b = 3;
a = b ;
a += 2 ;
cout << a ;
return 0 ; 
}

Beberapa kombinasi tanda lain dan penggunaan nya;
  • == sama dengan
  • != tidak sama dengan
  • >  lebih besar dari
  • < lebih kecil dari
  • >= lebih besar dari sama dengan
  • <= lebih kecil dari sama dengan

Comments

Popular posts from this blog

Program Penilaian Siswa Menggunakan Java Netbeans

Cout dan Cin pada Program C++